Selasa, 13 Desember 2011

BlackBerry Terancam 'Dipasung', RIM Beri Sanggahan




Kekecewaan pemerintah terhadap Research in Motion (RIM) yang berbuntut ancaman 'pasung' layanan BlackBerry Internet Services (BIS) dan BlackBerry Messenger (BBM) akhirnya ditanggapi oleh sang prinsipal produk BlackBerry.

Lewat keterangan tertulis yang disampaikan melaluidetikINET, Sabtu (10/12/2011), vendor asal Kanada itu pun memberikan sanggahannya.

Dalam suratnya, RIM tetap bersikeras dengan klaim telah memenuhi semua komitmen yang dijanjikan--meskipun tak menyebutkan secara spesifik tentang server network aggregator yang dipermasalahkan.

Berikut adalah kutipan lengkap dari sanggahan RIM yang telah diterjemahkan dalam versi Bahasa Indonesia oleh konsultan humasnya:

RIM telah bekerja sama dengan pemerintah Indonesia, tetapi hingga saat ini masih belum mendapat pemberitahuan mengenai persyaratan spesifik di luar apa yang telah kami sampaikan secara tertulis kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada tanggal 23 September 2011.

RIM terus mengkaji potensi investasi baru di Indonesia yang akan mendukung pertumbuhan dan perluasan pengembangan perangkat lunak di Indonesia dan kami berharap dapat memberikan rincian lebih lanjut di masa mendatang.

Pada tanggal 23 September, secara tertulis RIM memberitahukan Kominfo bahwa kami telah menindaklanjuti seluruh persyaratan yang diajukan pemerintah pada bulan Januari tahun ini. Pemberitahuan tersebut mencakup berikut ini:


  1. RIM telah membangun jaringan di lebih dari 50 BlackBerry Expert Centers di seluruh Indonesia (keterangan detail dapat diperoleh di http://id.blackberry.com/peaceofmind/location.jsp), yang dilengkapi dengan dukungan pelanggan yang unggul.
  2. RIM bekerja sama dengan lembaga penegak hukum di Indonesia dalam pemberian akses secara hukum sebagaimana ditetapkan oleh undang-undang.
  3. RIM telah menyelesaikan pembangunan aggregator jaringan regional. Banyak operator Indonesia sekarang telah terhubung, guna mengatasi kekhawatiran yang secara spesifik dinyatakan oleh Kominfo, yang diterapkan secara ketat khusus pada kecepatan arus data.
  4. RIM telah membangun sistem penyaringan konten, sesuai persyaratan yang telah digariskan oleh pemerintah.

BlackBerry terus menyediakan komunikasi yang aman dan terpercaya bagi para penggunanya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management